Thursday, October 25, 2007

Silsilah

Lebaran yang dinanti2kan telah tiba tapi sayang diriku tidak bisa ikut sholat Idul Fitri dikarenakan si tamu datang tak diundang. Seperti biasa kegiatan di hari pertama lebaran adalah silaturahmi dan jiarah ke makam. Setelah itu serasa lega lah.

Hari kedua lebaran ada pertemuan keluarga besar gw, awalnya gw ga mo ikutan karena gw denger2 katanya tuh pertemuan sampe generasi bokap gw doank, itu yang gw denger dari sodara gw. Ya makanya pas hari itu gw nyantai2 aza gak siap2, eh taunya bokap bilang Neng tuh yang lain udah mau pada berangkat, ikut ga?
Jah akhirnya gw ngebut mandi deyh, gw pengen juga tau sodara2 gw yang lain :D kalo kata orang sunda mah takut pareumeun obor nanti.

Nekatlah gw dateng sendiri secara bokap n nyokap ga bisa ikutan. Ketemulah gw dengan keturunan nenek, buyut, bao, janggawareng, kakait siwur nah kalo keatasnya lagi gw ga tau lagi sebutannya itu jg au dah gw bener apa salah tuh susunannya. Tapi ini sih cuma sampe bao doank kayanya ( gak apal bener ). Nah pas salaman tuh gw kudu lengkap nyebutin gw anaknya siapa cucu nya siapa :D Weh ternyata banyak bener sodara2 yang gak gw kenal secara gw keluarga besar gitu. Ya dibahaslah silsilah keluarga yang membingungkan, ya gw seh yang keturunan keberapa gitu bersama generasi2 seangkatan gw malah sibuk menikmati sajian makanan :D setelah kenyang dan dapet oleh2 yang dibagikan pulanglah keasal dengan membawa pesan buat nyokap gw dari sahabatnya zaman2 sekolah dulu, “Neng awas yah nanti malem ditunggu sama mamah disini “ dan tante gw yang sama2 tinggal di Jakarta ni bener2 menyandera no. HP biar gw dateng lagi ma nyokap. Dia ga mo kasi dulu no. HP nya die, padahal sepertinya dia menawarkan job buat gw ( weh mulai ngelirik2 yang lain neh? :D )



REUNI

Hari ke 4 lebaran seharusnya ini menjadi reuni milis SMA tapi urung jadi karena gw bentrok sama undangan dari temen sekelas waktu SMU dia merit ya sekaligus reuni kelas deyh. Ada kejadian lucu pas hari ini tuh. Setelah anak2 ngumpul kita berangkatlah menuju pernikahan temen gw itu, tapi pas mo masuk arena pada mundur lagi secara tamunya yang dari keluarga masih bejubel, karena rumahnya deket ama rumah temen gw yang lain maka mampirlah ke sono. Nah pas salaman2 ama temen gw tuh, si A nanya eh Yan suami lo mana nih, yang suka cemburuan itu gw lom pernah liat. Gubraks tuh anak gelo nanyanya begono lah suaminya di belakangnya begitu. Ya dia bilang lah itu suami gw, merah padamlah si Ay itu. Kekekekeke…….

Terus kedudulan itu gak berhenti sampai disana karena ada lagi yang lebih komplikasi. Setelah acara pernikahan itu acara kita dilanjutkan dengan jiarah ke makam salah satu teman kita yang telah almarhum. Setiap tahun kita memang menyempatkan diri untuk datang ke keluarganya dan jiarah ke makamnya.

Setelah sampai di rumahnya ( nya disini baru tahap prasangka ) masuklah kita ke halaman rumahnya ketuk ketuk pintu, ngucap salam tapi berkali2 tak ada jawaban. Kita masih belum menyerah tetep menunggu dan ketuk-ketuuk. Si tetangga rumah berkali-kali tanya : Mau ke siapa Neng? Tapi kita cuma saling tengok dan bertanya2 bokapnya siapa yah namanya? Ya kita masih belom menyerah menanti, dan sang tetangga masih belum menyerah bertanya.

Setelah kita putus asa dan memutuskan langsung aza ke makam salah satu dari kita turun juga untuk bertanya, dan cring tuing tuing gedebuk gubraks ............. tenyata kita salah rumah =)) huahahahahaha.......... suatu komplikasi kedudulzan dan sang pemilik rumah masuk kerumahnya untungnya kita sudah keluar dari rumahnya dan terbahak2 dengan kebodohan kita.
Gelo PD bener kita setelah menunggu sekian lama dan masa bodoh dengan pertanyaan tetangga tenyata kita salah rumah. Sang tetangga bilang rumahnya yang sebelah sana setelah warung. Huahahahaha...... tapi kenapa semua dari kita ga ada yang menyadari kalo salah rumah. ( Inilah keterangan dari nya diatas, karena nya itu baru prasangka :D )

Sampailah kita di rumah yang dituju salam2an duduk2an eh salah duduk trus basa basi deyh ama tuan rumah. Sang ibunda ternyata tidak ada dirumah, ngobrol2 deyh ma sodaranya. Nah si Ay ini basa basi lagi ama sang tuan rumah, pertanyaannya : Ari Neng raina anu kasabaraha? ( Kalo Neng adeknya yang keberapa? Red. ) Dan jawabannya jreng : Abdi mah rakana ......... ( Saya tuh kakaknya.......... Red. )Huahahahahaha sok tau lo Ay harusnya lo panggil teteh malah lo panggil Neng sok tueeeee..............

Perjalanan itu berakhir dengan bakar-bakar ikan, dan diakhiri dengan sms dan telp2 dari orang rumah yang menyuruh gw untuk cepet2 pulang katanya jangan kesorean. Heh serasa jadi anak SMP lagi :D dah diabsen pulang. Padahal waktu baru menunjukan jam 17.15 :D ( Mungkin orang rumah pada kangen kali ma gw )

No comments: