Sunday, October 29, 2006

Kuda Renggong

Hari kedua lebaran ada Kuda Renggong waaaaah seru seru... gw suka banget kuda ... terutama kuda renggong. Tau kuda renggong???
Kuda Renggong merupakan salah satu seni pertunjukan rakyat yang berasal dari Sumedang. Kata "renggong" di dalam kesenian ini merupakan metatesis dari kata ronggeng yaitu kamonesan (bahasa Sunda untuk "ketrampilan") cara berjalan kuda yang telah dilatih untuk menari mengikuti irama musik terutama kendang, yang biasanya dipakai sebagai media tunggangan dalam arak-arakan anak khitanan. ( Sumber : Wikipedia Indonesia / http://id.wikipedia.org/wiki/Kuda_Renggong )
Jadi tuh kuda bisa nari gitu sesuai dengan musik yang mengiringinya, selain itu kuda bisa atraksi berjalan dengan 2 kaki, bisa merokok, dan laen sebagainya yang bener2 menakjubkan, beberapa kali gw nyoba naek kuda renggong tapi itu dulu zaman gw masih kecil , sebenernya sekarang pengen juga seh tapi malu juga udah gede :"> karena biasanya kuda renggong ini adalah hiburan rakyat yang suka diadakan di acara khitanan anak, walopun skrg sering nongol di festival2 kesenian. Nah biasanya dari festival2 tuh menghasilkan nama2 kuda yang bakal menjadi terkenal kaya artis :D dulu seh yang terkenal namanya Dinar kalo gak salah :D cuma sekarang tuh kuda udah meninggal tinggal anak2nya aza yang jadi penerusnya huehehe kaya orang aza... tapi kalo diperhatiin gitu kuda2 itu kok kaya orang aza,hehehe.....
Nah kemaren tuh gw seneng banget bisa ngeliat kuda renggong yang bikin macet jalan raya :)) gimana gak macet masi lebaran gitu mobil kan masih rame bgt ditambah konvoi kuda gitu :)) huehehehe bikin tambah macet d, akhirnya kuda dialihkan ke jalan yang gak terlalu banyak di lewatin mobil, nah pas diujung rombongan kuda belok jalan mulai kosong, otomatis kendaraan dah pada pengen cepet2 lewat gitu, eh tiba2 ditengah mobil yg lagi macet gitu ada anak nyebrang dan ciiiiiiiiiiiiiiiiit braaaaaak ...tuh anak beserta penumpang motor terlempar ....deg .... sumpeh gw kaget banget plus badan jadi lemes, gw langsung lari ke rumah buat ngambil minum kebetulan kecelakan yang begitu sering terjadi itu adalah di depan rumah gw, tapi udah nyampe dalem rumah gw balik lagi ke luar tanpa bawa minum karena gw baru inget tuh anak di bawa ke warung sebelah gw dan pasti lebih deket ngambil minum dari situ, pas kesitu yang 2 orang dah dikasi minum ma nyokap gw dan gw ngasi minum orang yang 1 nya lagi, jadi yang naek motor itu boncengan gitu dan bawa TV yang baru mereka beli, wah tuh TV gw jamin dalemnya ancur d. 1 orang nyaris pingsan yang 1 lagi luka dimana2 yang ketabrak kepalanya yang bedarah2 ....duh gile lemes dah gw, gw duduk bentar eh adek gw langsung ledekin, pasti lemes yah liat gitu gak kuat yah hehehe.. buset ni anak malah ledekin gw, gara2 gw juga sering ledekin dia gitu :D
Sayang banget nih gak bisa liat atraksi :( gara2 kecelakaan itu yang punya hajat mengembalikan kuda ke tempatnya dia padahal biasanya suka atraksi dulu di lapangan. Salah waktu seh, masih lebaran gitu, ya masih rame banget. Yah harus menunggu lagi deyh buat liat kuda renggong :(

No comments: